Thursday, June 18, 2009

tipik indonesia = nabung dosa

bagi gue, nonton TV itu sama aja nambah dosa. numpukin dosa gue yang udah segunung jadi tambah menggunung.
kenapa?
karena tipi indonesia selaluuuuuuuuuuuu aja menyuguhkan bahan cela'an ke hadapan si gue.
karena stasiun tipi indonesia selalu punya berjuta alesan buat bikin gue bertahan nontonin acara mereka, tapi tidak karena suka, tapi karena hasrat ngepo dan nyela- nyela gue terlalu besar dan tak bisa dilawan dengan mudah.
jadilah sering kali gue rajin mantengin tipi dan nganga ngga percaya kalo ada banget orang- orang maha kreatif yang kalo bikin acara suka aneh ajaib bin jidun bener dahhh!

dan gue menemukan beberapa "fenomena" pertelevisian dan dunia hiburan yang......ummmm...... cukup mencengangkan, bikin gue geleng- geleng saking ketidak mampuan gue menutupi KEKAGUMAN gue sama mereka...

--

1. sebenernya, kalo boleh jujur, lagu yang dibawa-in band ini sih lumayan lahh... cukup ear-catchy, gampang dinyanyiin (ya iya sih gampang banget secara isinya cuma kunci- kunci doang!!), dan irama nya juga lucu.
ya sebenernya bolehlaaaaaaaaaa.... awalnya, si gue anak cupu nan kuper dengan tipi rusak di kamar kan kaga pernah banget noh nonton tipik, jadi gue sama sekali ngga tau deh sama tampang, penampilan dan rupa si penyanyi ini, sampe suatu sore gue iseng nonton di kamar nyokap, lalu
JENG.JENG.JENG.
diputarlah video klip lagu yang lagi nge-hits dan selaluuuuuuuuuuu dinyanyiin sama temen- temen kampus, dan alhasil sodara- sodari, gue cuma bisa nganga.
yak!!! litterally NGANGA alias terbengong- bengong dan tercengang melihat penampilan dihadapan gue itu. yang ada di otak gue cuma satu,
"apa mereka kagak takut muka nya geradakan apa yak pake cet2 begituan dimuka?".
ya eyalah gue mikir gitu, secara nih ya, gimana gue ga amazed ngeliat band dengan muka digambarin serem bener a la band rock-KISS-jaman baheula (yang istilahnya tampang uda sangar bin cadas banget gitu, mecing la sama nama nya yang berbau- bau alam maut gitu) malah make baju GATOT KACA nyanyi dan joget di LAPANGAN FUTZAL!
yeah, right... gimana judulnye gue kagak nganga liat begituan?? yaolohhhh, seriously?!

--

2. kalo yang ini sih FENOMENAL benerrrrr dagh! dari yang gue kasian dan simpatik, kok jadi males yaaaaaaa???
*buuuuu... buuuu..... (ngomong sama si ibu) kasian kali anaknya cantaks begindang di eksploitasi abis- abisan... buset dahhhhh, jumawa bener anaknya diperkosa-dikawinin-disiksa-dan sekarang maen sinetron...*
duhhh.... beneran deh, gue as a girl kasian liat dia. kalo emang semua yang di gembar- gembor kan oleh dia dan si ibu nya itu bener, gue sangat prihatin, dan semoga ga ada lagi cewe- cewe yang bernasip sama kayak dia, but still darlingssssssss....
PERLU BANGET KALI YA KISAH SENGSARA ANAK LO DIJADIIN SINETRONNNNNNNN?!

--

3. yang ini, NGGA KALAH FENOMENAL sama yang diatas, behhhhhhh... acara satu ini sih ratingnya : WAJEB TONTON BANGET NYONGGGG!
sebuah "reality show" *yang bener- bener gue pertanyakan kebenaran nya* yang di tiap episode nya ngundang pasangan suami isteri nyang berantem- berantem gitu dah. sok- sok pake topeng pulak. BAH ELAHHHH! serius dikit kalik lo nyongski, masa iya ada suami brengsek tukang selingkuh mau ikut acara begituan ditontonin semua keluarga dan seluruh masyarakat tumpah darah indonesia kita ini?
get a life dong pak bos yang bikin acara ini....
masak iya ada gitu yang mau umbar- umbar masalah pernikahannya sampe gitu? nyampe seru berurai aer mata ditontonin umat segambreng?
dan tolong laaaaaaaaaaaaaaa, kalopun mau membuat ini sebagai acara hiburan, setidaknya lo bisa kan pilih "artis" yang lebih baik ekting nya buat ekting jadi si suami-istri-ibu mertua-bapak mertua-dan selingkuhan?
lagian, sumpah. ga ngedidik banget sih, bikin kesengsaraan orang laen jadi hiburan...
GA MENDIDIK CONGKII!

--

4.
sampe sekarang gue masih suka amazing sendiri kalo nonton acara satu ini.
jaman gini woi, jaman gini, bukan jaman purba lagi, teknologi udah maha canggih gitu, PENTING BANGET SIH NGE-DUBBING DENGAN SANGAT KASAR DAN NGGA RAPIH GITU?
lagian, makjangggggg ceritanyaaaaaaaaaa... LUAR BIASA banget imajinatif dasyat mandra guna! bisa aja gitu dia bikin cerita anaknya diculik elang siluman lah, ato kisah ibu tiri gimance gitu yang ternyata penyihir.... yaolohhhh tobat pakkk... tobatttttt.......... cari script writer baru deh lo mendingan...

--

5. sinetron indonesia. ini sih ngga akan pernah habis dari topik perbincangan. gue selalu ngga bisa menemukan alesan "KENAPA ORANG INDONESIA NGGA BISA BIKIN TV SERIES SEBAGUS ORANG BARAT? ATO JEPANG? ATO KOREA?". sayang banget wooiiiiii! coba dikerjakan lebih serius, mungkin ngga akan semenjijikan sekarang... dan kenapa sih judulnya harus selalu nama orang? telenopela jaman jebot be'eng dah!
lagian plis lahhh... sinetron indonesia tuh pasti dan wajib ada yang namanya :
- calon mertua rese sakti yang judes, kejam, dengan make up maha tebel, rambut sasak asoy, dan tatapan maut- maut cihuy, tajam menyayat dah yang jelas.
- cewe saingan yang jahatnyaaaa yaolohhhhhhhhhh beyond my imagination banget. kesannya tu JAHATTTT muluk. kaga ada baek- baek nya sama sekali. buset dahh, dosa nyaaa uda kayak apaan tu sih! biasanya cewe ini berkomplot dengan si tante jahat diatas buat merebut si pemeran cowo.
- cewe pemeran utama selalu digambarkan baik keterlaluan. dan biasanya orang susah. kalo ngga pembantu, tukang jamu, anak orang miskin, ato yang paling sering adalah anak ketuker yang dipungut sama pembantu nya sehingga pangkatnya adalah anak pembantu atau anak supir. (yeah right! pembantu dan tukang jamu nya selalu cantik beibi!) dan selalu si majikan cowo tampan jatuh cinta sama dia.
- nah ini nih yang penting bener, pembantu kesayangan si nyonya jahat yang jahatnya juga ga kalah mengerikan. kerjaannya selalu menindas si pemeran utama. istilahnya ini tu kayak penjalan all the devilish idea dari si majikan, dan bingungnya gue, buset dahhhhhhhh bisa gitu ya pada jahat- jahat bener mikirnya. ngga lupa muka judes dan ketawa terbahak membahana kalo si pemeran utama cewe nya ngenes...

--

6. i'm not big fan of reality show. karena semua nya ngga reality... gue punya beberapa kenalan yang malah dengan jujur bilang mereka ikut acara itu as an actor/actreess dengan bayaran berapaaaa gitu, gue lupa... dari semua reality show, gue paling ga suka acara "tolong!". somehow menurut gue, acara itu bener- bener mengeksploitasi orang susah. bener- bener mengeksploitir kesulitan orang lain.
gue tau, inti dari acara itu kan ada orang minta tolong, dan kalo ada yang nolongin, dikasi uang sama si pihak pembuat acara, tapi masalahnya adalah, KENAPA SIH MINTA TOLONGNYA HARUS KE ORANG SUSAH DAN NGGA MAMPU JUGA?!
terus ya, jahat nya ni acara, dramatisasi nya gokil banget!
contohnya gini, si anak uda minta tolong sama 6 orang, dan ke enam- enam nya nolak ngebantu karena "UANG NYA NGGA CUKUP",
lalu si narator akan berkata "akankah ada yang bersedia mengulurkan tangannya untuk anak ini? akankan ada seseorang berhati mulia yang mau menolong anak ini?" sambil di iringi lagu josh groban.
bahhhh..... plis lahhh, kesannya yang ga mau bantu kok ya jadi jahat banget? padahal mungkin aja gitu mereka mau bantu, tapi kan mereka juga bukan orang mampu, bisa aja kan uang mereka bener- bener ngga cukup?
ya ngga perlu juga kali si narator ngoceh "enam orang telah menolak menolong anak ini, entah sampai kapan akan ada seseorang yang bersedia menolong anak ini *backsound : when i am down, and oh my soul so wearyyyyy......*"
nyonggggg! plis lahhh, dramatisasi lo berlebihan banget kalikkkk! buset dah!

--

semakin lama, semakin sering gue nonton tipi indonesia, gue posetep nabung dosa banget dah!!
ohmaiii, plis lahhh wahai bapak dan ibu dunia pertelevisian sekalian, pikirkan nasip gue dong, kasih lah gue acara yang ngga memancing jiwa kepo gue buat nyela acara looo...
kenapa sih penting dan perlu banget bikin acara kayak ngajak becanda gitu?!

3 comments:

Anonymous said...

ini aku kerolin..
huahahahah..emang bener bgt sinetron indo selalu tokohnya bgitu2 aja!!!dan g ga ngerti mengapa judulnya selalu nama orang..wkwkwk..

iya yg acara tolong..
kalo emang bener2 dermawan kenapa ga langsung kasi duit aja..=(

Sitti Attari Khairunnisa said...

stuju banget sm opini kamu !

Toni Maliki said...

oi nakk..disini ga bisa kayak di FB sih ya..pake "You like this"..haha..
gue suka blog lo yg ini..
btw, yang nomor 1 tuh band udah byk bet loh duitnya..hahaha..

 
Original Layout By Yummy Lolly Layout Modification and Header Design By Reigina Tjahaya