Sunday, July 19, 2009

can't face an ending yet can't stand a start neither

setelah sekian lama si bung insomnia bersembunyi dibalik jam wajib bangun gue yang kurang ajar selama kuliah (baca : jem 5 pagi), sekarang dia pun kembali menyapa gue dengan brengsek nya mentang- mentang lagi liburan. errmm.. mungkin bukan si bung insom juga sih yang dosa, tapi gue yang dengan asoy geboy nya selalu bangun diatas jem 11 siang tiap liburan, jadi kalo malem eke jadi kagak ngantuk... sungguh sangat ciamiks!
dan dengan idiotiknya, gue udah kagak ngerti lagi mo ngapain nih supaya ngantuk.
bolak- balik buka fesbuk udah sampe pengen muntah liat fesbuk...
mau buka- buka notes takut membaca hal yang tak gue inginkan lagi kayak minggu kemaren.
bolak- balik buka twitter juga udah padahal gue masih bingung apalah guna si twitter itu sampe happening abis dan abang gue suru- suru gue bikin banget...
blog walking ke sana kemari juga udah sampe udah kagak ngerti blog siapa lagi yang perlu gue buka dan baca isinya dari awal sampe abis, sampe- sampe melakukan kegiatan ngepo dengan randomly open facebook profile orang- orang di friendlist gue siapa tau ada yang punya blog dan bisa gue bacak...
mau nonton, ran out of movies. mau streaming, internet rumah gue lamaknya bikin betanduk dan katakan bye- bye pada streaming jem segini soalnya cuma bikin gue murka. mau nonton ulang felem lama pun malasssssssssssssssss akhirnya buka sharetera sapa tau ada pelem baru yang bisa di donlot tapi nyatanya NIHIL ciinnnn! nonton tipik pun tak mampu mengingat tipik busuk gue yang cuma bisa dipake nonton dipidik.
mo baca pun bete. ngga ada buku ringan. akhirnya baca manga onlen di onemanga.com, tapi lama- lama mata gue sepet juga. sebel!
dan akhirnya buka blog.
bengong laaammaaaaaaaaaaaaaaa sampe memutuskan buat nulis. meski ga tau juga mo nulis apa, dan akhirnya blabbering kayak gini, kagak jelas banget- bangetan tulis apaan. yang ada malah nulis intro kepanjangan kayak gini sedangkan gue masih mencoba figure something to write....
grrrrrrrsss!

krik..krikkk...krikkkkk.......

argh lama- lama blog gue looks too diary-ish nih...
kebanyakan curhat, kebanyakan blabbering about my unimportant-yet-important personal life, kebanyakan random talk, kebanyakan "gue" nya nih...
gue pun jadi inget, duluuuu jaman sma kelas 2 kalo ngga salah, ada yang pernah komentarin tulisan- tulisan gue (dulu, tulisan gue kayak yang bisa ditemukan di blog gue yang satu lagi) is all about my self. dan setelah gue pikirkan, ya emang iya. i wrote about my self karena topik tentang si gue ini lah yang gue punya, dan topik tentang si gue ini lah yang paling gue kuasai buat gue ceritain ke orang- orang tanpa peduli deh ada yang mau tau apa kagak juga gitu soal gue.
terus semanjak nulis blog yang ini, gue pun mulai nulis hal- hal lain selain diri gue. mulai observing sekitar gue ya meski masih banyak soal gue dan sudut- sudut gue nya. sampe waktu itu gue nulis cerpen "sedia payung sebelum hujan".
sebenernya gue bukan cerpen-tipikal kinda person. bukan penulis cerpen yang baik deh sebenernya. karena selama ini, setiap kali gue nulis cerpen, that cerpen end up too long without an ending.
iya, gue selalu punya masalah dengan memulai sebuah cerita dan mengakhiri nya, jadi gue ngga tau ada berapa puluh file word di komputer gue yang merupakan draft- draft my born-to-be-baby-called-born-to-be-novel. jadi waktu tadi gue baca blog nya raditya dika about first sentence yang menarik, gue bingung. karena gue mungkin ngga bisa menghasilkan kalimat ciamik buat memulai semua post gue atao tulisan- tulisan gue yang lain and yet gue masih berharap ada yang stopping by dan baca tulisan- tulisan gue. hahhahaa....
well, first impression does important sih ya... jadi first sentence ya segitu important nya mungkin?
dan mungkin itu juga yang jadi masalah gue buat bener- bener memulai nulis novel. nulis buku.
tapi masalahnya, gimana menentukan kalimat pertama yang pas? yang tepat buat semuanya?
yang bikin orang- orang mau terus baca tanpa terkesan boros kata- kata?
gue selalu ngga punya cukup keberanian buat nulis kalimat pertama gue itu dan melanjutkannya sampai kalimat terakhir.
karena gue selalu ngga bisa menentukan kalimat pertama yang tepat, maka gue pun ngga bisa menentukan kalimat penutup yang pas padahal kalimat penutup kan krusial banget.
gue selalu ngga ngerti gimana cara mengakhiri sebuah cerita dengan pas supaya orang- orang ngga mengernyit dan bilang "he?".
lagipula, gue punya kecenderungan menulis cerita yang jauh dari kenyataan karena menurut gue, cerita yang gue bikin itu lalaland gue, pelarian gue, dimana mimpi- mimpi gue bisa jadi nyata.
dimana hidup yang gue mau bisa jadi nyata.
jadi, kadang gue suka ngga ngerti sendiri gimana cara mengakhiri mimpi gue itu dengan sebuah kalimat.
ngga cuma nulis.
idup gue juga selalu in between.
ngga di awal, ngga diakhir.
ngga berani melihat, mengambil, atau membuat awal yang baru.
tapi juga ngga mau, ngga bisa, ngga berani melihat, menghadapi sesuatu berakhir.
jadi hidup gue ya in between. selalu diantara awal dan akhir. gue terlalu nyaman sama kehidupan gue yang "diantara" ini, jadi gue suka ngga mau nutup buku buat mulai yang baru.
mungkin ini juga yang bikin kenapa gue selama bertaon- taon stuck sama orang yang sama. gue ngga mau ada akhir dan gue takut sama permulaan.
akhirnya gue menyadari i just can't face an ending yet can't stand a start neither.

4 comments:

Willy & Jonih said...

Kayaknya gak masalah deh, Rei, kalo selalu nulis tentang diri sendiri. Daripada sok peduli tentang banyak hal padahal sebenernya nggak. Toh, orang terpenting dalam hidup kita kan diri kita sendiri. Hehe.

And yes, harus terlebih dulu siap dengan 'akhirnya' sebelum 'memulai'.

[rei] said...

wahhh kata2 yang sangat cantik "orang terpenting dalam hidup kita kan diri kita sendiri."

Willy & Jonih said...

Hehe, thanks. Kata-kata itu secantik yang nulisnya lho, booo...
(diucapkan dengan gaya banci centil)

[rei] said...

oh tidak...kali ini siapa yang bicara? mungkinkah kawan mu yang lain? yang wanita? wati mungkin namanya?

 
Original Layout By Yummy Lolly Layout Modification and Header Design By Reigina Tjahaya