Thursday, September 3, 2009

bahasa facebook

kemarin disaat saya liburan,
saking ngga punya kerjaan *ehem, maaf, maksud saya saat saya malas bekerja dan menganggap diri ngga punya kerjaan*, gue jadi sangat stalker alias penguntit. gue jadi suka banget ngebaca- baca in status orang- orang di facebook. terus perhatiin tulisan orang- orang.
dan gue menemukan beberapa hal menarik.

1)
gue suka ngga paham sama orang- orang yang seenak perut nya mengganti kata "WITH" menjadi "WIF" .
hmmm..... seriously guys, mau dibaca pake model apapun WITH ini sama sekali tidak se-irama dengan WIF. dan tidak! ini tidak imut! malah cenderung bikin bingung dan menjadikan kalimat rancu seperti "hanging out wif my prend". brrrrrr! superduper ngga nyaman dibaca dan diucapkan bukan?

2)
seorang temen gue, membuat status "standing on my own feet, from now on" pokoknya semacam itu lah. setelah gue baca berulang- ulang, kok gue berasa ada yang aneh ya dengan kalimat "mulai sekarang berdiri di atas kaki sendiri" ?
maksud gue, kalo lu baru sekarang mulai berdiri di atas kaki sendiri, lalu kemaren- kemaren berdiri di atas kaki minjem??

3)

bener- bener bisa tercengang kalau baca status orang dengan tulisan "kit piyuttt niiiiyyy" atau "muw maam duluwww yachhh...".
sumpah, gue bener- bener literally tercengang setiap habis baca tulisan- tulisan macam itu. alamyaaaakkk, gue berasa bego dan lagi baca tulisan anak TK yang bahasa indonesia nya belom lulus. dan sekali lagi, penggunaan kalimat "sok imut" seperti ini ngga akan bikin lo jadi imut! yang ada malah bikin geli- geli geter- geter gemeteran saking geli nahan muntah.

4)

9uE baRu mEnyAdaRi xLo bcHaa tLizzaN dN9aN foRmAt bE9inIyh buTuH uSaHa dAwnn kEwRjHaa keWRazzz bAn9eTz LocH! (anjrit, gue nulis kalimat diatas ini butuh waktu yang sangat lama!)
gue bener- bener ngga pernah bisa paham dan ngga pernah bisa mengerti sama orang- orang yang jagoan abis menciptakan singkatan- singkatan sakti mandra guna macam "kalo" jadi "xlo" disertai dengan penulisan dengan huruf gede-kecil. ya Tuhan. sumpah, ganggu abis!!
pertama, tulisan jadi sangatlah sulit dibaca, dimengerti dan dipahami karena nampaknya yang bisa tau arti singkatan itu cuma kalian sajalah para penjipta singkatan asoy.
kedua, seriously, apa ngga repot ya nulis gede-kecil-gede-kecil gitu? bentar msti pencet shift,lepas,pencet,lepas, sungguh kalian sangat berdedikasi dalam hal pencet- pencet an!

5)
suka bingung sendiri sama orang- orang tua bangka (baca:uda lulus SD) yang masih suka nulis dengan akhiran "-ch"(contoh : iyach, begituch, loch) dan "-zzzz" (contoh : bangetzzzz, kerenzzzzz, gurlzzzzzzz). apa mereka belom puas mempermalukan diri mereka sendiri dengan nulis diary temen jaman SD yang biasanya si empu nya akan nulis di halaman pertama, "teman- temanzzzzzzz isi yachhhh diary aquw, jangan lupha phake photo yachhhh!!!!!". yes, karena setau gue, akhiran- akhiran nista itu sudah gue tinggalkan seiring gue meninggalkan kelas 2 SD karena akhirnya gue sadar bahwa bunyi tulisan gue terdengar SANGAT MENJJIJIKAN kalau dilafalkan. dan gue pun bertobat.

6)
dan ini yang paling fenomenal, gue ngga ngerti sama orang- orang yang "sanggup" curhat di status fesbuk. pertanyaan gue, mereka ini ngga punya temen curhat sampe curhat di status, ato emang haus perhatian sih?! ya oloh, ngga malu kali ya? secara facebook kan public network banget, dimana semua orang bisa baca tu status, artinya lu kan ngumbar privacy lo ke (literally) seantero jagat perfesbukan.
gila, jiwa seleb kalian sungguh mencengangkan, nak...!

dan ya, saya bisa sehat kalo sering- sering nongkrongin fesbuk!

5 comments:

nopay novita said...

re,boleh bikin bahasa facebook seri 2 re.gue ngakak re bacanya.hahaha.terusgan!

sara said...

standing on my own feet means mandiri ato mnjadi diri sndiri saiang. itu ky smcam idiom gt.hehe
*sok pintar*
kalo ga salah se, kalo salah, yaudalah, maafkan kekhilafan ku ini.hahaha

[rei] said...

@nopay : hahaha...akan pay...akan...sabar...

@sara : gue ngerti,tapi coba perhatikan deh,agak aneh kan idiom itu?

yufitry said...

sumpah reee..
b4Ha5a F3sBuK Lu B1k!n gU3 meRinD1n9 ..
hahhahahaha..

yg no5 , sumpah bkn gw berasa "ALAY" klo gw berani nulis begitu .hahaha

teppy said...

nah ini dia nih yang gue sehati banget sama lo! huahahahaha... lanjutkan analisamu nak!

 
Original Layout By Yummy Lolly Layout Modification and Header Design By Reigina Tjahaya