Wednesday, May 28, 2008

mampu atau mau?

menurut kalian,,
yang mana yang lebih penting?
mau atau mampu?
kemauan atau kemampuan?

kalo buat gue sendiri, kemauan lebih penting. bahkan kata orang, kunci dari sukses itu adalah kemauan karena kemauan itu udah megang 70% dari kesuksesan kita, sisanya? 15% kemampuan dan 15% lagi keberuntungan.
Kenapa gue bilang kayak gitu, karena meskipun lu punya kemampuan untuk melakukan sesuatu tapi kalo lu ngga mau melakukan hal itu, gimana caranya hal itu akan jadi sukses?
Dan justru karena hal inilah, bikin gue menyadari bahwa kemauan itu jauh lebih sulit didapat ketimbang kemampuan (tadinya gue kira lebih susah dapetin kemampuan karena kita harus belajar) karena terkadang otak sama hati kita lebih senang bekerja dan berjalan sendiri- sendiri sehingga terjadi ke-tidak-singkron-an anatara dua organ terpenting manusia tersebut.
Dan betapa sulitnya "menyamakan"antara keinginan hati dengan keiginan otak karena memang pada dasarnya dua organ itu diciptakan dan ditakdirkan buat bekerja dengan cara yang berbeda sehingga menghasilkan hal- hal yang berbeda juga.
gue jadi inget salah satu dialog di film remaja paling sukses dan paling terkenal di indonesia, di film itu si tokoh cowo gomong gini ke tokoh cewe (dimana sang tokoh sekarang menjadi wanita paling dipuja setiap lelaki di Indonesia), "salah satu dari kita pasti ada yang lebih punya hati atau lebih punya otak. tapi kayaknya kamu ngga punya dua- duanya..."
iya, seseorang cenderung lebih "berotak" atau lebih "berhati" saja atau ngga punya dua- duanya, tapi nyaris ngga ada yang punya kedua- duanya.
kemauan itu hasil dari hati.
kemampuan itu hasil dari otak.
elo sendiri lebih milih punya yang mana?

1 comments:

sheila said...

gw otak!
kemauan bakal datang..

kalo mau tapi ga mampu.......
argh..

 
Original Layout By Yummy Lolly Layout Modification and Header Design By Reigina Tjahaya